Penuh Warna

"Don't Ever somebody tell you that you can't something. Not even me. You got a dream, you gotta protect it. When people can't do something themeselves, they're gonna tell you that you can't do it. you want something,??? Go get it. Period....." ##Will Smith##

Senin, 14 Januari 2013

Catatan Atmosfer NTB 14 Januari 2013

Pada tanggal 14 Januari 2013 jam  20:30 WITA hujan sepanjang jalur pulang dari kampus gua (Universitas 45 Mataram) sampai pada pada tempat tinggal gua (Komplek Rumh Dinas Stasiun Klimatologi Kediri-NTB), selama perjalanan pulang saya selalu berpikir: Kenapa sih pada siang hari panas nya luar biasa terasa di rasakan oleh tubuh ini, dan kok tiba2 pada malam hari terjadi hujan dengan intensitas sedang secara terus menerus dalam bahasa meteorologi nya CNS SL RA (continues slight rain)???
Dan sesampai saya di rumah saya mencoba mencari tahu apa sih penyebab, dan ternyata dalam pencarian masalah di internet saya menemukan beberapa link yang memuat tentang gambar satelit (http://www.bmkg.go.id) yang dapat memberikan saya petunjuk atas pertanyaan saya tadi.
Pada alamat website ini saya mencoba untuk mengumpulkan beberapa gambar satelit dari website BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika), dan berikut beberapa gambar tersebut:

Gambar-gambar Satelit MTSAT dari BMKG mulai dari jam 07:00 WIB s/d 20:00 WIB atau jam 00:00 UTC s/d 13:00 UTC:

Gambar1. Suhu pada Awan

Gambar.2. Angin 850 milibar

Gambar.3. Jenis-Jenis Awan


Dari gambar diatas dapat diartikan sebagai berikut:  
Menjawab hujan yang terjadi diwilayah NTB saat ini yang sedang berlangsung dimana pergerakan awan dari arah Barat NTB menuju ke Timur NTB, dengan kecepatan angin permukaan kurang lebih antara 5 - 10 knot atau 9.26 - 18.52 Km/jam. Keadaan sekarang adalah Hujan Ringan secara terus menerus. Jenis awan yang berada di atas wilayah NTB adalah jenis awan Cumulunimbus (Cb) dengan tinggi puncak kurang lebih 9000 ft dengan suhu pada awan cb yang melintas wilayah NTB  kurang lebih antara -48 sampai dengan -69 derajat celcius.


catatan_14-Januari-2013
Terimakasih sudah mampir disini

Source: BMKG


Salam Bumi
dari
AUTHOR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tolong komentar dan typing nya di jaga kawan2, agar blog ini lebih bermanfaat buat orang banyak,,,

thank's a lot....
Salam

AUTHOR